Rabu, 13 Januari 2010

STANDAR KOMPETENSI

Standar Kompetensi

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.

A. Kompetensi Dasar

Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma.

Indikator

1. Menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat.

2. Mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya.

3. Mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya.

4. Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).

5. Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar.

6. Merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar.

7. Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya.

8. Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.

9. Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama.

10. Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya.

11. Melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma.

12. Menentukan logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk perhitungan.

B. Kompetensi Dasar

Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma.

Indikator

1. Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma.

2. Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan logaritma.

Standar Kompetensi

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.

A. Kompetensi Dasar

Memahami konsep fungsi

Indikator

1. Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.

2. Mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.

B. Kompetensi Dasar

Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

Indikator

1. Menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan pemfaktoran, meleng-kapkan bentuk kuadrat sempurna, dan rumus abc.

2. Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat.

3. Menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat.

4. Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.

5. Menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien per-samaan kuadrat.

C. Kompetensi Dasar

Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.

Indikator

1. Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui serta menentukan penyelesaian persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan atau pertidaksamaan kuadrat.

2. Menentukan persamaan kurva dari suatu fungsi kuadrat.

D. Kompetensi Dasar

Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat.

Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya.

Indikator

1. Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, menentukan besaran masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut.

Standar Kompetensi

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel

A. Kompetensi Dasar

Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel.

Indikator

1. Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.

2. Memberikan tafsiran geometri dari penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.

3. Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel.

4. Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel.

5. Menentukan penyelesaian sistem persamaan kuadrat dua variabel.

6. Menyelesaikan sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel.

B. Kompetensi Dasar

Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear.

Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya.

Indikator

1. Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan sistem persamaan linear, menentukan besaran dari masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut.

C. Kompetensi Dasar

Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar.

Indikator

1. Menjelaskan sifat dan aturan yang digunakan dalam proses penyelesaian pertidaksamaan.

2. Menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat).

3. Menentukan penyelesaian pertidaksamaan bentuk akar dan bentuk nilai mutlak.

D. Kompetensi Dasar

Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel.

Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya.

Indikator

1. Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel, menentukan besaran dari masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut

0 komentar:

Posting Komentar